Rabu, 29 Maret 2023

Kaifiyat Qunut Nazilah



Dikutip dari Kaifiyat Qunut Nazilah - Website Official PP Persatuan Islam (persis.or.id)

KAMIS, 09 MARET 2023


Kaifiyat Qunut Nazilah

BY Hendi Santika — 01 Desember 2016
0

Qunut Nazilah adalah qunut yang dilaksanakan karena musibah yang menimpa kaum muslimin dengan mendo’akan kebaikan dan keselamatan bagi kaum muslimin atau keburukan dan laknat bagi kaum penindas kaum muslimin, pada setiap salat wajib, dirakaat terakhir setelah bacaan bangkit dari ruku’.

    Qunut dengan sebab mendo’akan kebaikan dan keselamatan bagi sebuah kaum atau kebinasaan dan azab bagi satu kaum

عَنْ أَنَس " أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَقْنُت إِلَّا إِذَا دَعَا لِقَوْمِ أَوْ دَعَا عَلَى قَوْم " Dari Anas bi Malik berkata : Sungguh Nabi Saw tidak melaksanakan qunut kecuali berdoa kebaikan bagi suatu kaum atau keburukan bagi suatu kaum . HR Ibn Khuzaimah no. 603

    Dilaksanakan Pada Salat Wajib (termasuk salat jumat) pada rakaat terakhir

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَالصُّبْحِ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ dari Ibnu Abbas, ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan qunut selama sebulan berturut-turut dalam shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya` dan Subuh, yaitu di akhir shalat (rakaat terakhir) HSR. Abu Dawud no. 1223 dan Ahmad no. 2643 Adapun terkait qunut nazilah pada dalat jumat, memang tidak ada dalil khusus, jika kita teliti hadis diatas, maka ada ada tiga alasan. Pertama, kalimat mutatabi'an menunjukan kontinuitas qunut dalam salat wajib selama 1 bulan. Kedua, penyebutan subuh, zuhur, ashar, magrib, isya merupakan lil ghalib salat wajib sedangkan mafhumnya adalah salat wajib termasuk jumat. Ketiga, pada setiap akhir salat (rakaat terakhir) menunjukan pada setiap salat wajib, sehingga kesimpulannya termasuk di dalamnya salat jumat disyariatkan qunut nazilah. Adapun terkait sebagian atsar salaf yang membid’ahkan qunut pada salat jumat adalah terkait dengan pengkhususan pada salat jumat, bukan dalam qunut nazilah.

    Dilaksanakan dalam salat berjama’ah, boleh munfarid

Semua hadis terkait dengan qunut nazilah terkait dengan salat berjamaah, termasuk didalamnya disyariatkan ucapan amin bagi ma’mum. Namun keduanya bukan menjadi syarat bagi qunut nazilah, tapi lebih sebagai keutamaan dalam qunut nazilah.

    Pada rakaat terakhir, setelah bacaan bangkit dari ruku’

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ص كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ عَلَى أَحَدٍ، أَوْ يَدْعُوَ لِأَحَدٍ، قَنَتَ بَعْدَ الرُّكُوعِ، فَرُبَّمَا قَالَ إِذَا قَالَ: " سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ، اللَّهُمَّ أَنْجِ الْوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيد  الخ Dari Abu Hurairah Ra berkata : Sungguh Rasulullah Saw apabila akan berdo’a kebaikan atau keburukan bagi seseorang beliau qunut setelah ruku’ dan terkadang beliau membaca “Sami’allahu liman hamidah rabbana wa lakalhamd, ya Allah selamatkanlah al Walid bin al-Walid...” Hr Bukhari No. 4219

    Redaksi do’a disesuaikan, tidak ada redaksi khusus tertentu dari Nabi SAW

اللَّهُمَّ أَنْجِ الْوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيدِ، وَسَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ، وَعَيَّاشَ بْنَ أَبِي رَبِيعَةَ، اللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ، وَاجْعَلْهَا سِنِينَ كَسِنِي يُوسُفَ اللَّهُمَّ الْعَنْ فُلَانًا وَفُلَانًا لِأَحْيَاءٍ مِنْ الْعَرَبِ اللَّهُمَّ نَجِّ الْوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيدِ، اللَّهُمَّ نَجِّ سَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ، اللَّهُمَّ نَجِّ الْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ، اللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِينَ كَسِنِي يُوسُفَ قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ص شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوعِ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ، يَدْعُو عَلَى رِعْلٍ، وَذَكْوَانَ Dari beberapa redaksi hadis diatas (Hr Bukhari dan Abu Dawud), Rasulullah saw tidak menentukan do’a secara khusus, belau menggunakan redaksi yang berbeda-beda ada yang khitabnya person khusus, adapula yang umum. Akan tetapi isinya tidak terlepas dari mendo’akan kebaikan dan keselamatan bagi kaum muslimin yang teraniyaya, sebaliknya mendo’akan adzab dan laknat bagi yang menganiyaya kaum muslimin. Apakah person khusus tertentu atau sebuah kaum.

    Redaksi do’a disunahkan ringkas

Redaksi atau konten do’a disunahkan untuk tidak memanjangkan do’a qunut, disamping do’a-do’a yang diajarkan Rosul saw ringkas, juga berdasarkan reportase dari sahabat Anas bin Malik سُئِلَ أَنَسُ، أَقَنَتَ النَّبِيُّ ص فِي الصُّبْحِ؟ قَالَ: نَعَمْ، فَقِيلَ لَهُ: أَوَقَنَتَ قَبْلَ الرُّكُوعِ؟ قَالَ: بَعْدَ الرُّكُوعِ يَسِيرًا " Anas bin Malik ditanya apakah Rosulullah saw qunut pada salat subuh ? Anas bin Malik menjawab “ bernar”. Apakah Qunut sebelum ruku’ ? Anas menjawab : “Setelah ruku’ sebentar” Hr. Bukhari no. 951

    Do’a qunut dibaca dengan jahar atau nyaring dalam setiap salat wajib

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ عَلَى أَحَدٍ أَوْ يَدْعُوَ لِأَحَدٍ قَنَتَ بَعْدَ الرُّكُوعِ فَرُبَّمَا قَالَ إِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اللَّهُمَّ أَنْجِ الْوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيدِ وَسَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ وَعَيَّاشَ بْنَ أَبِي رَبِيعَةَ اللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ وَاجْعَلْهَا سِنِينَ كَسِنِي يُوسُفَ يَجْهَرُ بِذَلِكَ وَكَانَ يَقُولُ فِي بَعْضِ صَلَاتِهِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ اللَّهُمَّ الْعَنْ فُلَانًا وَفُلَانًا لِأَحْيَاءٍ مِنْ الْعَرَبِ حَتَّى أَنْزَلَ اللَّهُ { لَيْسَ لَكَ مِنْ الْأَمْرِ شَيْءٌ } الْآيَةَ " Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah Saw jika ingin mendoakan kecelakaan kepada seseorang atau berdoa keselamatan kepada seseorang beliau selalu qunut setelah ruku’." Kira-kira ia berkata; "Jika beliau mengucapkan: "sami’allahu liman hamidah, " beliau berdoa: "Wahai Rabb kami bagi-Mu segala pujian, Ya Allah selamatkanlah Al Walid bin Al Walid, salamah bin Hisyam, dan 'Ayyasy bin Abu Rabi'ah. Ya Allah keraskanlah hukuman-Mu atas Mudlar, dan timpakanlah kepada mereka tahun-tahun paceklik sebagaimana tahun-tahun pada masa Yusuf." -beliau mengeraskan bacaan tersebut, - beliau juga membaca pada sebagian shalat yang lainnya, beliau membaca pada shalat subuh: "Ya Allah, laknatlah si fulan dan si fulan dari penduduk arab." Sampai akhirnya Allah Azza Wa Jalla mewahyukan kepada beliau: "Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim (Ali Imran: 128)." HR. Bukhari no. 3812 Bacaan atau do’a qunut nazilah dibaca dengan nyaring, baik dalam salat jahriyah maupun sirriyah.

    Ma’mum mengucapkan amin

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ص شَهْرًا مُتَتَابِعًا فِي الظُّهْرِ، وَالْعَصْرِ، وَالْمَغْرِبِ، وَالْعِشَاءِ، وَالصُّبْحِ، فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ، إِذَا قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، مِنَ الرَّكْعَةِ الْأَخِيرَةِ، يَدْعُو عَلَيْهِمْ، عَلَى حَيٍّ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ، عَلَى رِعْلٍ وَذَكْوَانَ وَعُصَيَّةَ، وَيُؤَمِّنُ مَنْ خَلْفَهُ، أَرْسَلَ إِلَيْهِمْ يَدْعُوهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ، فَقَتَلُوهُمْ "، قَالَ عَفَّانُ فِي حَدِيثِهِ: قَالَ: وَقَالَ عِكْرِمَةُ: هَذَا كَانَ مِفْتَاحَ الْقُنُوتِ dari Ibnu Abbas, ia berkata; "Rasulullah Saw melakukan qunut selama sebulan berturut-turut dalam shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya` dan Subuh, yaitu di akhir shalat setelah mengucapkan, sami’allahu liman hamidah pada raka'at terakhir. Beliau mendoakan keburukan atas mereka, yakni (beberapa) kabilah dari bani Sulaim, yaitu Ri'l, Dzakwan dan Ushayyah, orang-orang yang ada di belakang beliau mengamininya. Beliau pernah mengirim utusan kepada mereka untuk mengajak memeluk Islam, namun mereka justru membunuh utusan tersebut." 'Affan berkata dalam haditsnya, ia berkata; Ikrimah berkata; "Ini adalah permulaan qunut." HSR. Ahmad no. 2643 Pengucapan amin oleh ma’mum dibaca setelah imam selesai mengucapkan do’a qunut dengan nyaring.

    Boleh mengangkat tangan

Pada dasarnya asal dalam berdo’a adalah tidak mengangkat tangan, kecuali jika ada dalil sahih yang menerangkan berdo’a dengan mengangkat tangan. Hal ini berdasarkan hadis dari Anas bin Malik Ra عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: " كَانَ النَّبِيُّ ص لَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ دُعَائِهِ إِلَّا فِي الِاسْتِسْقَاءِ، وَإِنَّهُ يَرْفَعُ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ إِبْطَيْهِ " Dari Anas bin Malik Berkata : Nabi Saw ketika berdo’a tidak mengangkat kedua tangannya kecuali dalam Istisqa. Dan sungguh beliau mengangkatnya sehingga terlihat putihnya ketiak beliau. Hr. Bukhari no. 978 Hadis diatas menjadi dalil bahwa asal dalam berdo’a adalah tidak mengangkat tangan, adapun pengecualian istisqa bukan berarti menjadi batas atau menafikan mengangkat tangan pada tempat yang lain, selama ada dalil yang sahih dan sarih. Adapun terkait qunut nazilah terhadap hadis sahih Riwayat imam Ahmad فَقَالَ أَنَسٌ فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَدَ عَلَى شَيْءٍ قَطُّ وَجْدَهُ عَلَيْهِمْ فَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الْغَدَاةِ رَفَعَ يَدَيْهِ فَدَعَا عَلَيْهِمْ kata Anas; "Tidak kulihat Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam sedemikian sedih sebagaimana kesedihan beliau atas tragedi yang mereka alami (dibunuhnya 70 Ahli al-Quran). Dan kulihat Rasulullah Saw dalam salat subuh beliau angkat kedua tangannya mendoakan kecelakaan atas mereka (yang mendzalimi). HSR. Ahmad no. 12173 Jika imam mengangkat tangan dalam qunut nazilah, maka ma’mumpun disyariatkan mengangkat tangan sebagaimana imam, sesuai dengan dalil, bahwa dijadikan imam itu untuk diikuti gerakannya. Adapun terkait kaifiyat mengangkat tangan pada qunut nazilah, sama sebagaimana dalam istisqa yaitu mengangkat kedua tangan sampai kelihatan ketiak.

    Tidak disyariatkan mengusap wajah

Sebagian dari orang yang qunut biasanya mengusap wajah setelah qunut. Hal tersebut memang berdasarkan dalil umum terkait selesai berdo’a dengan mengakat tangan. Akan tetapi hadis-hadis yang menerangkan Rasul Saw berdo’a dengan menyapu atau mengusap muka setelah berdo’a hadis-hadisnya dhoif, sehingga tidak dapat dijadikan hujjah. Dengan demikian tidak disyariatkan mengusap wajah setelah do’a qunut nazilah

    Tidak disyariatkan mengucapkan salawat

Adapula sebagian masyarakat dalam praktik qunut mengucapkan salawat pada akhir do’a qunut. Penambahan ucapan salawat tersebut tidak terdapat dalam hadis-hadis mengenai qunut. Karena asal dalam beribadah itu terlarang, kecuali ada dalil yang memerintahkannya, karena itu tidak disyariatkan membaca salawat diakhir doa qunut.   Wallahu a’lam 

Lembaga Kajian Turats dan Pemikiran Islam PP Pemuda Persis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar